Buku tentang Teknologi Big Data : Sistem Canggih dibalik Google, Yahoo!, Facebook, IBM




Dengan rendah hati saya persembahkan buku pertama dan satu-satunya di Indonesia (berbahasa Indonesia) yang membahas tentang teknologi Big Data, yang dapat didownload dari:
(1) Google Play, dan dapat dibaca menggunakan aplikasi Google Play Booksuntuk Android maupun Google Play Books untuk iOS (iPhone, iPad).

Ada tiga hal yang menjadi memotivasi saya untuk menulis buku tentang teknologi Big Data, yaitu: (1) Perkembangan teknologi Big Data yang makin menyita perhatian dalam dunia teknologi informasi dan bisnis modern; (2) Adanya perkembangan dan sambutan yang positif akan adopsi teknologi Big Data di Indonesia; (3) Belum adanya sebuah buku berbahasa Indonesia yang khusus membahas tentang teknologi Big Data.

Sebenarnya, niat untuk menulis buku tentang teknologi Big Data sudah ada sejak awal tahun 2014, tapi akhirnya baru terealisasi pada bulan ke-3 2015 dengan penerbitan ebook yang saya beri judul "Teknologi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google, Yahoo!, Facebook, IBM".

Kenapa saya menyebut empat perusahaan yang berbasis internet tersebut? Tak lain karena baik Google, Yahoo!, Facebook, maupun IBM adalah perusahaan-perusahaan yang menjadi pelopor dalam mengadopsi teknologi Big Data dan mengembangkannya. Khususnya Google, boleh dikatakan adalah perintisnya teknologi Big Data.

Buku ini didedikasikan untuk memberikan pengetahuan dasar namun komprehensif tentang konsep Big Data beserta teknologi terapannya. Disajikan sedemikian rupa mulai dari teori yang sifatnya konseptual, tutorial, hingga contoh implementasi sederhana yang berbasis real world data.

Pembahasan dimulai dengan definisi Big Data, latar belakang munculnya istilah tersebut, serta berbagai contoh kasus aplikasinya. Kemudian dilanjutkan dengan konsep teknologi Big Data yang telah dikembangkan oleh Google, diantaranya: Google File System, MapReduce, dan Big Table. Pada bab berikutnya, diuraikan konsep dan cara kerja Hadoop, HBase, dan Spark yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Selain itu, dibahas juga tentang teknologi web crawling dan database NoSQL MongoDB. Pada bab terakhir, guna merealisasikan pemahaman yang lebih komprehensif, disajikan sejumlah contoh sederhana implementasi teknologi Big Data yang mencakup tahap pengumpulan data, penyimpanan, analisa, hingga presentasi atau visualisasi. Contoh-contoh implementasi tersebut dikerjakan dengan memberdayakan real world data ( bukan data simulasi ). Sebagai pelengkap, pada bagian lampiran disertakan tutorial tentang cara setup dan penggunaan Hadoop, MapReduce, HBase dan Spark, baik pada platform Windows maupun Linux yang disertai dengan contoh program aplikasi.

Dengan konten yang mencakup aspek teori, tutorial, dan contoh implementasi yang praktis, buku ini dapat menjadi referensi bagi berbagai kalangan baik akademisi, pelaku bisnis, maupun kalangan pemerintah. Harapan saya, buku ini dapat menjadi semacam sumber inspirasi yang dapat memicu lahirnya inovasi-inovasi kreatif dalam pemberdayaan data dan informasi, khususnya Big Data.

Tak lupa, saya juga menyertakan daftar pustaka yang memuat dokumen-dokumen yang saya jadikan sumber referensi dalam penulisan buku ini.

Saat ini buku Teknologi Big Data sudah dapat didownload dari GooglePlay dan Google Books.

Jika anda berminat membeli versi eBook dari Google Play Books, dan ingin membacanya secara offline, caranya dijelaskan di artikel ini : Cara Membaca Google Play Books secara Offline .

Versi Hard Copy dapat diperoleh dari:



atau pesan langsung via  FORMULIR PEMESANAN

Bagaimana review para pembaca yang telah membeli buku ini?
Silakan simak Review di Google Play Books dan Review di Shopee.

Comments

@prabowoadit said…
Apakah tersedia hardcopy-nya?
Saya tertarik utk membeli buku hardcopy.
Tolong kabari ke prabowoadit92@gmail.com ya. Terima kasih
Vijjam Wjaya said…
Terima kasih minatnya pd buku saya.
Utk versi hard copy saat ini masih dlm proses penerbitan. Rencana tgl 20 Mei 2015 sdh bisa diselesaikan pencetakannya.
anonim said…
permisi..
apakah buku ini sudah tersedia hard copynya sekarang ??
Vijjam Wjaya said…
Versi hard copy sudah ada, silakan cek disini: http://vijjam.blogspot.co.id/2015/05/buku-tentang-teknologi-big-data-sistem.html?m=1
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Vijjam Wjaya said…
#Devi Septiyana Sunoto: Kebetulan untuk cetakan pertama sudah habis. Tapi, hari ini dapat info dari penerbitnya bahwa cetakan kedua sudah rampung. Untuk saat ini hanya dijual online, silakan pesan via:
SMS/Phone: [+62] { [819] - [1670] - [1039]}
TELEGRAM : [+62] { [819] - [1670] - [1039]}
LINE: [+81] {[80] - [4900] - [0046]}
WhatsApp : [+81] {[80] - [4900] - [0046]}
Terima Kasih.
anonim said…
sorry sir. My thesis is about hadoop and i want to implement Hadoop and connect it to android mobile programming ( JAVA ) and i don't know how to start.
If i want to do that. should i install all hadoop ecosystem ? such like hive,pig,hbase,zookeeper,scoop,flume,oozie, and mahout or maybe i only need to install some of them to connect it to JAVA programming.

thank you very much
Vijjam Wjaya said…
If you want to use Hadoop, you don't have to install the complete Hadoop ecosystem. Just install Hadoop and the other components you need.
However, beware of the version compatibility.

You can also run Hadoop aplication using Eclipse IDE, but I've never tried it using any Android devices/emulator/Android Studio.

I think you may need to read this : http://www.teknologi-bigdata.com/2013/01/menjalankan-aplikasi-hadoop-mapreduce.html?m=1
anonim said…
what is the main component that i need to implement that sir ?
i have installed Hbase. can you give me other ecosystem that i need to implement that sir ? i only think hive and zookeeper must be install in my system. but i don't know the other like pig, oozie, and the other.
Vijjam Wjaya said…
It is depend on what you're going to do with Hadoop.
If you just want to try CRUD operations to HBase on Hadoop, you can use the Java HBase API from your IDE (in my case, I use Eclipse IDE). So, you don't need the other components.
Btw, if you have already installed HBase and it runs normally, I am sure that you have already installed ZooKeeper as well since HBase can't work without ZooKeeper.

Popular posts from this blog

Apa itu Big Data : Menyimak Kembali Definisi Big Data, Jenis Teknologi Big Data, dan Manfaat Pemberdayaan Big Data

Tutorial Python: Cara Mudah Web Scraping menggunakan Beautiful Soup

Apache Spark: Perangkat Lunak Analisis Terpadu untuk Big Data

MapReduce: Besar dan Powerful, tapi Tidak Ribet

HBase: Hyper NoSQL Database

Validitas Rapid Test Covid 19 : Accuracy vs F1-Score, Pilih yang Mana?

Aplikasi iPhone : RETaS Read English Tanpa Kamus!

Big Data dan Rahasia Kejayaan Google

HDFS: Berawal dari Google untuk Big Data

Cara Sederhana Install Hadoop 2 mode Standalone pada Windows 7 dan Windows 10