Buku "Teknologi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google, Facebook, Yahoo!, IBM" versi Hard Copy dan eBook



versi hard copy
Dengan rendah hati saya persembahkan buku pertama di Indonesia ( berbahasa Indonesia ) yang membahas teknologi Big Data. 

Ada tiga hal yang menjadi motivasi saya untuk menulis buku ini: (1) perkembangan teknologi Big Data yang makin menyita perhatian dalam dunia teknologi informasi dan bisnis modern; (2) adanya kemajuan dan sambutan yang positif akan adopsi teknologi Big Data di Indonesia; (3) belum adanya sebuah buku berbahasa Indonesia yang khusus membahas tentang teknologi Big Data ( saat penerbitan edisi pertama pada tahun 2015 ).

Buku ini didedikasikan untuk memberikan pengetahuan dasar namun komprehensif tentang konsep Big Data beserta teknologi terapannya. Disajikan sedemikian rupa mulai dari teori yang sifatnya konseptual, tutorial, hingga contoh implementasi sederhana yang berbasis real world data.

Pembahasan dimulai dengan definisi Big Data, latar belakang munculnya istilah tersebut, serta berbagai contoh kasus aplikasinya. Kemudian dilanjutkan dengan konsep teknologi Big Data yang telah dikembangkan oleh Google, diantaranya: Google File System, MapReduce, dan Big Table. Pada bab berikutnya, diuraikan konsep dan cara kerja Hadoop, HBase, dan Spark yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Selain itu, dibahas juga tentang teknologi web crawling dan database NoSQL MongoDB. Pada bab terakhir, guna merealisasikan pemahaman yang lebih komprehensif, disajikan sejumlah contoh sederhana implementasi teknologi Big Data yang mencakup tahap pengumpulan data, penyimpanan, analisa, hingga presentasi atau visualisasi. Contoh-contoh implementasi tersebut dikerjakan dengan memberdayakan real world data ( bukan data simulasi ). Sebagai pelengkap, pada bagian lampiran disertakan tutorial tentang cara setup dan penggunaan Hadoop, MapReduce, HBase dan Spark, baik pada platform Windows maupun Linux yang disertai dengan contoh program aplikasi.

Dengan konten yang mencakup aspek teori, tutorial, dan contoh implementasi yang praktis, buku ini dapat menjadi referensi bagi berbagai kalangan: pelajar, akademisi, pelaku bisnis, maupun kalangan pemerintah. Harapan saya, buku ini dapat menjadi semacam sumber inspirasi yang dapat memicu lahirnya inovasi-inovasi kreatif dalam pemberdayaan data dan informasi, khususnya Big Data.

Tak lupa, saya juga menyertakan daftar pustaka yang memuat dokumen-dokumen yang saya jadikan sumber referensi dalam penulisan buku ini.


Versi eBook dapat diunduh dari:
(1) Google Play, dapat dibaca menggunakan aplikasi Google Play Books untuk Android maupun Google Play Books untuk iOS ( iPhone, iPad ).


Bagi anda yang membeli versi eBook dari Google Play Books dan ingin membacanya secara offline, caranya ada di artikel ini : Cara Membaca Google Play Books secara Offline.

Versi hardcopy hanya dijual secara online melalui:

Pesan melalui WhatsApp




https://shopee.co.id/Buku-Teknologi-Big-Data-i.7203818.2860638599







Atau pesan melalui FORMULIR PEMESANAN 

Bagaimana review para pembaca yang telah membeli buku ini?
Silakan simak Review di Google Play Books dan Review di Shopee.


Berikut adalah halaman sampul dan daftar isi dari versi hardcopy.

Versi Hard Copy










Comments

Dorime said…
Jika anda hobi touring atau hobi mengkoleksi kendaraan bermotor, anda dapat mengujungi blog saya yang membahas tentang GPS Tracker
untuk keamanan kendaraan bermotor :)
GPS Tracker

Popular posts from this blog

Apa itu Big Data : Menyimak Kembali Definisi Big Data, Jenis Teknologi Big Data, dan Manfaat Pemberdayaan Big Data

Memahami Definisi Big Data

Apache Spark: Perangkat Lunak Analisis Terpadu untuk Big Data

Bagaimana Cara Membaca Google Play eBook Secara Offline?

Pentingnya Web Crawling sebagai Cara Pengumpulan Data di Era Big Data

Cara Sederhana Install Hadoop 2 mode Standalone pada Windows 7 dan Windows 10

MapReduce: Besar dan Powerful, tapi Tidak Ribet

HDFS: Berawal dari Google untuk Big Data

Big Data dan Rahasia Kejayaan Google

Apa itu 'BIG DATA'?