Monday, December 14, 2015

Bagaimana Cara Membaca Google Play eBook Secara Offline?

Tulisan ini berawal dari review seorang yang membeli buku "Teknologi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google, Facebook, Yahoo!, IBM" versi eBook di Google Play Books. Pada reviewnya tertulis bahwa buku tersebut hanya bisa dibaca secara online. Padahal, ebook yang dibeli di Google Play Books dapat dibaca baik secara online maupun offline, baik pada perangkat mobile maupun pada komputer Windows, Mac OS X, serta Linux. Lalu, bagaimana cara membaca Google Play Book secara offline? Adapun langkah-langkah yang mesti dilakukan adalah sebagai berikut:

Pada Perangkat Mobile (Android maupun iOS)
1. Pastikan perangkat anda terhubung dengan Internet.
2. Jika aplikasi Google Play Books belum terinstal pada perangkat mobile anda, silakan mengunduhnya dari iOS App Store maupun Android Play Store.
3. Buka aplikasi Google Play Books, dan sentuhlah buku yang ingin anda download.
Begitu buku yang ingin anda baca tersebut selesai di-download, maka anda dapat membacanya pada perangkat mobile anda, kapan saja dan dimana saja, meskipun sedang tidak terkoneksi dengan jaringan Internet.

Pada Komputer (Windows, Mac OS X, maupun Linux)
Untuk dapat mendownload ebook dari Google Play Books dan membacanya secara offline di perangkat komputer, kita mesti menggunakan browser Google Chrome dan menginstal aplikasi Google Play Books yand diunduh dari Chrome Web Store. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Catatan: langkah-langkah ini hanya berlaku untuk ebook dalam format EPUB.
1. Pastikan komputer anda terkoneksi dengan jaringan Internet.
2. Buka web browser Chrome
4. Klik menu Apps di pojok kiri atas pada browser Chrome anda.
5. Klik/Buka aplikasi Play Books.
6. Tempatkan pointer mouse anda diatas ebook yang ingin didownload, kemudian centanglah box disebelah tulisan "Make available offline".



Setelah itu, ebook yang anda beli akan didownload. Setelah selesai, maka ebook yang anda beli tersebut dapat dibaca secara offline pada komputer anda meskipun sedang tidak terkoneksi dengan jaringan Internet.
That's all, sederhana bukan?!

2 comments:

danketorja said...

terima kasih sudah sharing, sangat berguna untuk saya yang baru memulai membaca ebook secara offline dari macbook.

Vijjam Wjaya said...

@danketorja, terima kasih sdh berkunjung dan membaca artikel saya, semoga benar2 bermanfaat!